Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Diobati

Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Diobati – Pada umumnya akan berdampak negatif bagi tubuh. Asam urat adalah penyakit yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang sangat tidak tertahankan, pembengkakan dan juga rasa panas di persendian.

Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Diobati

Nah, jika gejala-gejala seperti hal ini di diamkan tanpa melakukan penanganan yang tepat. Tak menutup kemungkinan penyakit satu ini akan semakin berbahaya pada tubuh. Terlebih asam urat di dalam darah yang berlebihan bisa membentuk kristal padat dalam sendi. Sehingga kristal asam urat tersebut mampu bisa menimbulkan berbagai kondisi berbahaya lainnya. Berikut ini merupakan 5 penyakit yang bisa muncul akibat asam urat jika tidak diobati.

  • Kerusakan pada sendi

Sudah tidak diragukan lagi akan bahaya penyakit ini, dimana asam urat dapat menyebabkan kerusakan pada persendian akibat kristal-kristal natrium urat menumpuk dan membentuk tofi di dalam sendi. Sehingga hal ini berpotensi merusak sendi, terlebih jika terus dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan pada sendi dan akan meningkat menjadi sangat parah.

  • Batu ginjal

Bahaya asam urat tinggi jika tidak obati bisa mengakibatkan batu ginjal. Yang mana asam urat akan membentuk kristal yang bisa menghambat kerja dari ginjal. Tak hanya itu, ketidakmampuan ginjal dalam mencerna sekaligus mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal, termasuk munculnya gejala gagal ginjal. Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Diobati

  • Jantung koroner

Selain munculnya penyakit batu ginjal, ternyata asam urat pun dapat memicu komplikasi lain yakni jantung koroner. Tak hanya itu, pengidap dengan kadar asam urat tinggi mempunyai peluang dua kali lebih besar. Dimana kondisi ini tentunya disebabkan oleh tumpukan asam urat di dalam pembuluh darah sehingga mengganggu aktivitas jantung dalam menjalankan fungsinya.

  • Tophus atau tophi

Tophus atau tophi adalah sebuah gumpalan kristal terbentuk di bawah kulit yang bisa membesar dan juga menyebabkan rasa sakit ketika serangan otot. Dimana tophi sendiri kerap muncul pada mereka yang mengidap asam urat kronis. Adapun bahaya yang diakibatkan asam urat dapat muncul di beberapa bagian tubuh seperti, lengan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, kaki dan juga telinga.

  • Diabetes

Penyakit asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan pula bisa menyebabkan pengidapnya mengalami diabetes. Konon sebuah riset yang dilakukan seorang profesor dari stanford University California. Kandungan asam urat tinggi dalam darah mampu menyebabkan risiko diabetes sekitar 20% dan memicu gagal ginjal sebesar 40%. Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Diobati

Itulah tadi beberapa bahaya asam urat tinggi jika tidak diobati. Dan untuk itu, sebaiknya anda memperhatikan kondisi kesehatan serta melakukan berbagai langkah positif supaya keseimbangan kadar asam urat di dalam tubuh terjaga. Dan jika menemukan gejala-gejala awal asam urat, sebaiknya segera lakukan penanganan sekarang juga untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Postedby: Berita Sehatku

Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi Jika Tidak Diobati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Disini