Tanaman Kumis Kucing untuk Obat Asam Urat

Tanaman Kumis Kucing untuk Obat Asam Urat

Tanaman Kumis Kucing untuk Obat Asam Urat – Pengobatan tradisional untuk asam urat memang sangat diperlukan. Jika terus dibiarkan begitu saja, bisa saja seseorang mengalami kerusakan sendi sehingga menyebabkan kelumpuhan secara permanen. Pasalnya, penyakit asam urat disebabkan oleh zat kimia yang terjadi dalam aliran darah sehingga dikeluarkan melalui urine dan beberapa tinja. Seseorang yang mengalami asam urat, akan menumpuk dari waktu ke waktu. Tetapi, jika tingkatannya tinggi, kristal asam urat seperti pasir akan terbentuk. Kristal asam urat biasanya akan menumpuk dalam sendi sehingga dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan dan timbul rasa nyeri.

Sebab itulah, anda tidak perlu panik. Pada artikel kali ini kami akan memberikan solusi pengobatan asam urat secara alami dan aman dengan tanaman kumis kucing. Meski belum banyak diketahui, kumis kucing sangat berkhasiat dalam mengatasi asam urat. Lantas, seperti apa pemanfaatan tanaman kumis kucing?

Tanaman Kumis Kucing untuk Obat Asam Urat

Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) dipercaya dengan turun temurun dapat mengatasi berbagai masalah penyakit, salah satunya asam urat. Tanaman satu ini tergolong famili lamicaeae/labiatae yang sangat banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman kumis kucing ini berasal dari Afrika tropis sehingga menyebar ke Asia dan Australia. Biasanya, tanaman ini tumbuh ditanah subur dan memiliki kandungan air serta udara yang baik. Kandungan yang diperolehnya seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium telah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai keluhan penyakit.

Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing Dalam Pengobatan Asam Urat :

Tanaman kumis kucing untuk obat asam urat tentu sudah banyak menggantikan pengobatan secara modern. Ada banyak tumbuhan memang dikenal memiliki berbagai kandungan yang mampu meluruh zat asam di dalam tubuh. Dalam proses kerjanya, kadar asam urat akan dinerralisir poleh kandungan tanaman kumis kucing dan aliran darah akan menjadi lancar sehingga rasa nyeri pada tulang, sendi serta otot menjadi berkurang.

Selain asam urat, manfaat tanaman kumis kucing dikenal sebagai obat batuk, masuk angin dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, obat ini dapat dijadikan untuk mengobati radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, rematik dan menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Manfaat tanaman kumis kucing memang tak lepas dari kandungan senyawa aktif seperti glikosida orthosiphonin, saponin, kandungan mineral (kalium, mionositol) dan lainnya. Dari beberapa kandungan tersebut, tanaman ini baik untuk asam urat.

Nah, agar manfaat tanaman kumis kucing lebih bermanfaat anda bisa membuat ramuannya, tentunya dalam pengolahan yang tepat. Supaya lebih mudah, anda bisa simak cara dibawah ini :

  1. 5-10 lembar daun kumis kucing kering dan 5 lembar daun kumis kucing basah, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Sediakan 1 gelas air putih
  3. Rebus semua daun kumis kucing hingga tersisa air setengah gelas saja
  4. Minum ramuan kumis kucing, setidaknya 3 kali sehari

Itulah yang dapat kami sajikan kali ini mengenai tanaman kuming kucing untuk obat asam urat yang dapat anda coba. Untuk mendukung penyembuhan, tentunya perlu melakukan gaya hidup sehat dan pola makan sehat dan teratur. Semoga bermanfaat untuk anda.

Post by : beritasehatku.com

Simpan

Simpan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Disini