Kenali Gejala Stroke Mata dan Penanganannya

Kenali Gejala Stroke Mata dan Penanganannya – Tahukah anda kini stroke tidak hanya terjadi pada otak melainkan bisa terjadi pada mata. Yang mana secara medis, stroke dikenal dengan istilah okulasi arteri retina yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah di retina.

Hal ini pun membuat pasokan darah dari jantung ke mata atau sebaliknya menjadi berkurang. Bahkan dalam beberapa kasus pembuluh darah pada mata yang tersumbat lama-kelamaan akan pecah. Sehingga darah akan tumpah ke permukaan retina yang mengakibatkan pembengkakan retina juga penglihatan menjadi buram.

Gejala Stroke Mata

Pasalnya stroke mata hanya terjadi di salah satu mata saja. Dan gejala ini dapat muncul secara perlahan dalam waktu beberapa jam, hari atau bisa pula secara tiba-tiba. Berikut diantaranya beberapa gejala yang bisa timbul pada stroke mata:

  • Gangguan penglihatan yang tidak disertai nyeri pada mata. Tetapi kadang nyeri pada mata dapat muncul
  • Floaters atau pandangan berkunang maupun munculnya bintik-bintik putih pada penglihatan.
  • Penglihatan kabut yang semakin memburuk atau seluruh penglihatan anda
  • Kehilangan penglihatan seluruhnya bisa terjadi secara perlahan maupun tiba-tiba

Jika anda mengalami salah gejala tersebut, maka periksakan ke dokter spesialis mata. Dimana tanpa pengobatan yang cepat dan juga tepat, stroke mata mampu menyebabkan berbagai komplikasi pada mata.

Pengobatan

Dalam mengobati kasus ini, penting untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu dengan memeriksakan diri ke dokter mata. Seperti kortikosteroid bisa diberikan jika hal tersebut ternyata disebabkan karena peradangan pembuluh darah yang memungkinkan retina untuk mendapatkan darah beroksigen.

Apabila gumpalan darah adalah penyebab masalah, maka obat penghancur gumpalan darah bisa diberikan untuk mengembalikan suplai darah ke retina.

Postedby: beritasehatku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Disini