Penyebab Timbulnya Benjolan di Leher

Penyebab Timbulnya Benjolan di Leher Pernahkah anda mengalami benjolan pada leher baik itu besar atau kecil, sakit atau tidak, keras atau lunak dan apapun itu anda penting untuk mengetahui sebenarnya apa saja kemungkinan penyebab benjolan di leher yang sedang dialami.

Penyebab Timbulnya Benjolan di Leher

Ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi timbulnya benjolan di leher. Penyebab adanya benjolan di leher tersebut biasanya menjadi tanda sebuah penyakit tertentu. Adapun beberapa pemicu timbulnya benjolan di leher adalah:

  • Penyakit TBC

Banyak orang yang mengira bahwa penyakit TBC hanya menyerang bagian paru-paru saja. Melainkan bakteri Mycobacterium tuberculosis juga dapat menginfeksi bagian kelenjar getah bening sehingga menyebabkan munculnya benjolan dibagian leher.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan karena adanya infeksi penyakit bakteri yang menyebabkan penyakit TBC. Tak hanya itu, pembengkakan juga bisa ditimbulkan oleh infeksi gigi, pilek, autoimun, campak dan juga sifilis.

  • Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid biasanya tak nampak dari posisi luar tubuh. Namun, akibat kondisi tertentu kelenjar tiroid akan mengalami pembengkakan dan membuat benjolan di area leher. Hal ini karena ketidakseimbangan hormon yang dilepaskan oleh kelenjar tiroid.

  • Kista

Banyak orang mengira bahwa tak mungkin jika kista muncul dibagian leher. Tapi, kenyataannya benjolan di leher juga bisa disebabkan oleh kista. Pada saat anda memegang dan mengusap benjolan di leher bahkan merasakan benjolan tersebut bentuknya kecil dan bisa bergeser dibawah kulit jika ditekan. Maka kemungkinan besar benjolan kecil tersebut adalah kista.

  • Kelenjar ludah

Kelenjar ludah atau parotis anda dapat disebabkan oleh virus gondongan atau kanker. Dimana batu yang berada di kelenjar ludah tersebut adalah endapan bahan kimia. Bahan kimia yang ada dalam air liur sendiri mengendap dan membentuk batu kecil sehingga menghalangi aliran liur ke dalam mulut dan terjadi benjolan dibagian leher.

  • Kanker

Resiko terkena penyakit kanker biasanya akan meningkat pada usia diatas 40 tahun. Tapi, bagi anda yang tidak menerapkan pola hidup sehat buka tak mungkin kanker bisa menjangkit pada usia muda.

  • Radang amandel

Seperti kita tahu amandel bisa mengalami peradangan juga bengkak sehingga menyebabkan leher mengalami pembengkakan. Ketika radang amandel bengkak biasanya ada gejala tertentu disertai batuk, demam dan tenggorokan terasa sakit saat menelan.

Demikian beberapa kemungkinan penyebab benjolan di leher yang masing-masingnya memiliki ciri khas yang terkadang susah ditentukan. Oleh sebab itu langkah paling bijak adalah segera melakukan perawatan lebih lanjut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Postedby: Berita SehatkuĀ 

Penyebab Timbulnya Benjolan di Leher

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*